Cerita Pelayanan Tulisan

Aplikasi Perpustakaan Digital dengan Koleksi Buku Gratis, Apa Saja Ya?

Buat kamu yang suka baca buku di masa pandemi, apalagi yang gratis-gratis dan memiliki legalitas yang jelas, jawabannya ialah cari di perpustakaan digital. Itu sebabnya kamu mengunjungi artikel web ini. Jadi perpustakaan digital dengan koleksi gratis itu apa saja ya? Yuk cek di bawah ini. Jangan sungkan ya jika penulis mengajakmu jalan-jalan ke perpustakaan di luar kota secara daring.

1. iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan digital yang merupakan salah satu layanan daring milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bekerja sama dengan developer Aksamaraya.

Aplikasi ini dapat digunakan pengguna untuk meminjam buku secara gratis dengan genre buku yang beragam. Fitur-fitur yang dimiliki yaitu ePustaka yang merupakan kumpulan koleksi tambahan dari berbagai perpustakaan digital, Feed untuk melihat aktivitas pengguna iPusnas, rak buku untuk menyimpan buku peminjaman dan eReader yang merupakan fitur membaca iPusnas yang mudah dan nyaman.

Cara mengakses aplikasi ini mudah, cukup buat akun dan login di aplikasi iPusnas maka pengguna dapat mengakses buku-buku yang ada. Aplikasi ini tersedia pada sistem operasi Android dan iOS.

2. DPR e-Library

DPR e-Library merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), yang termasuk dalam perpustakaan khusus dengan koleksi isu-isu pembangunan dan politik Indonesia yang  didirikan sebagai sarana penunjang aktivitas DPR RI, meskipun begitu perpustakaan ini juga terbuka sebagai pusat ilmu pengetahuan dan pembelajaran bagi masyarakat umum.

Aplikasi ini mengklaim memiliki koleksi ebook berjumlah ribuan, dengan fitur aplikasi seperti halaman katalog, fitur pencarian, halaman detail, peminjaman buku dan halaman baca. Aplikasi ini dapat diunduh melalui sistem operasi Android dan iOS, namun untuk penggunaan aplikasi ini dilakukan pendaftaran akun terlebih dahulu melalui email perpustakaan@dpr.go.id

3. EPerpusdikbud

Eperpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital yang merupakan salah satu layanan daring milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan oleh masyarakat umum karena perpustakaan khusus ini berharap dapat menjadi referensi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan bagi mas

Aplikasi ini memiliki fitur halaman katalog, fitur pencarian, halaman detail buku, peminjaman buku dan halaman baca, sebagaimana aplikasi perpustakaan digital pada umumnya. Pada App Store, aplikasi ini mengklaim memiliki ribuan koleksi ebook. Selain iOS, aplikasi ini juga tersedia di sistem operasi Android.

4. iJakarta

IJakarta merupakan perpustakaan digital persembahan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI Jakarta dengan developernya PT. Woolu Aksara Maya. Selain koleksi ebook yang dimilikinya, iJakarta menawarkan fitur-fitur media sosial yang mewadahi penyampaian informasi, baik itu peraturan 7 kebijakan pemerintah maupun sarana publikasi warga Jakarta seperti adanya taman bacaan digital warga, pelatihan menulis digital, membentuk dan mengembangkan komunitas di lingkungan warga.

Aplikasi ini dapat diunduh pada sistem operasi iOS dan Android.

5. Candil

Candil merupakan kepanjangan dari Maca Dina Digital Library yang dalam bahasa Indonedia artinya ialah “Baca Terus Perpustakaan Digital”, aplikasi e-Library ini milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat, dengan developer Apps Foundry Pte. Ltd.

Aplikasi ini sama seperti EPerpusdikbud yang memiliki fitur fitur halaman katalog, fitur pencarian, halaman detail buku, peminjaman buku dan halaman baca. Pada App Store, aplikasi ini mengklaim memiliki koleksi lebih dari 500 judul/1.400 eksemplar yang dengan author lokal Jawa Barat maupun nasional.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui sistem operasi Android dan iOS.

6. e-Perpus Purwakarta

Seperti namanya, perpustakaan digital ini datang dari Perpustakaan Daerah Purwakarta dengan developer bernama Apps Foundry, e-Perpus ini memiliki ribuan koleksi yang dilengkapi dengan eReader dengan fitur-fitur perpustakaan digital pada umumnnya. Sama seperti DPR e-Library untuk mendaftarkan akun pada aplikasi ini kamu perlu menghubungi melalui email perpusdapurwakarta@gmail.com

Aplikasi ini sudah dapat diunduh pada sistem operasi Android dan juga iOS.

7. eLib Kota Cimahi

eLib merupakan perpustakaan digital milik  Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi dengan developer yang sama dengan Candil dan e-Perpus Purwakarta. Fitur yang dimiliki pun serupa dengan aplikasi keduanya. Pendaftaran akun dilakukan dengan menghubungi perpustakaancimahi@gmail.com

Aplikasi ini dapat diunduh pada sistem operasi iOS dan Android.

8. ePustaka DISPERPUSIP KARAWANG

Sebagaimana namanya perpustakaan digital ini diluncurkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten karawang dengan developer bernama PT. Enam Kubuku Indonesia. Aplikasi ini hanya tersedia pada sistem operasi Android.

9. epusdamaros

Perpustakaan digital ini diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan dengan developer PT. Enam Kubuku Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses melalui PC dan Android.

10. Eperpus Prov Bengkulu

Perpustakaan digital ini diluncurkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bengkulu. dengan developer PT. Enam Kubuku Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses melalui sistem operasi Android.

Sebenarnya masih banyak loh perpustakaan digital dari perpustakaan daerah lain yang belum disebutkan. Kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh lagi bahkan ke luar negeri jika perlu. Sekian

Sumber :

Febriani, R. N. (2018). Pemkot Cimahi Luncurkan E-Lib untuk Peminjaman Buku Digital. [Online]. Diakses dari https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-01304475/pemkot-cimahi-luncurkan-e-lib-untuk-peminjaman-buku-digital

https://apps.apple.com/

https://perpustakaan.dpr.go.id/

https://play.google.com/

About the author

Rifa Nadila

2 Comments

Click here to post a comment