Inovasi Pembelajaran

Belajar Bahasa Indonesia Bersama Pak Djamal

“Bahasa Indonesia sebagai pengantar dalam dunia pendidikan”

Assalamualaikum wr, wb. semoga selalu dilimpahkan berkah dan karunia untuk kita semua. Hari ini bersama saya Pak Djamal, kita akan mempelajari pembahasan tentang teks negosiasi.

Teks negosiasi atau negosiasi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang mempunyai perbedaan kepentingan. Pihak-pihak tersebut berusaha menyelesaikan perbedaan tersebut dengan cara berdialog dan tidak akan merugikan salah satu pihak. (Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, 2013).

Negosiasi dilakukan karena pihak-pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai permasalahan yang menuntut penyelesaian bersama. Tujuannya yaitu untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak, dengan mencari cara menemukan butir-butir yang sama sehingga tercipta kesepakatan yang disetujui bersama. Sebelum melakukan negosiasi hendaknya ditetapkan terlebih dahulu wakil-wakil dari setiap pihak, begitu juga bentuk atau struktur interaksi (apakah dialog atau mediasi).

Nah, berikut ini Video Perkenalan Saya Drs. Djamaludin serta penjelasan singkat Tentang Teks Negosisasi, semoga bermanfaat ya.

Drs. Djamaludin

About the author

Drs. Djamaludin

3 Comments

Click here to post a comment